Senin, 24 Juli 2017

Cara Mengasuh Mendidik Anak di Rumah

Cara Mengasuh Mendidik Anak di Rumah

Anak yang cerdas merupakan salah satu kebanggaan bagi orang tua. Berbagai cara bisa dilakukan oleh orang tua untuk mendidik sang buah hati agar anak mencari cerdas dan berkembang salah satunya mengasuh atau mendidik anak di rumah. Namun, terkadang sebagai orang tua lebih sering menilai kecerdasan anak dengan nilai yang tertera di rapor atau secara tertulis. 

Dengan hal demikian menjadikan orang tua sibuk untuk memasukkan anak pada bimbingan belajar atau privat agar prestasi anak di sekolah mendapatkan nilai yang baik di berbagai mata pelajaran. Salah satu kegiatan menjadikan salah satu bagian di rumah sebenarnya orang tua adalah pusat parenting Indonesia bagian kecil yang menjadi pusat perhatian sang anak yang harus membimbing anak ke dalam area belajar dengan cara mengasuh atau mendidiknya secara mandiri di rumah.

Kegiatan anak yang diikut sertakan dalam berbagai kegiatan seperti bimbingan belajar tentunya bisa menjadikan anak mendapatkan beban yang berat sehingga anak bisa menjadi stres dan malas. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadikan anak menjadi cerdas dengan cara sederhana sebagai berikut ini.

1. Bermain musik dan bernyanyi
Selain bermanfaat untuk menyenangkan, bermain musik sangat bermanfaat untuk anak. Salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari bermain musik dan bernyanyi adalah untuk perkembangan otak kanan. Dengan pekerjaan yang menyenangkan bermain musik serta bernyanyi untuk perkembangan otak kanan sehingga menjadikan anak menumbuhkan kekuatan dan volume otak kanan.

2. Permainan edukatif
Salah satu cara lainnya adalah dengan memberikan permainan yang bersifat edukatif. Dengan cara permainan ini secara langsung mengajak anak untuk berpikir seperti bermain teka teki silang, puzzle dan lain sebagainya.

3. Pemberian Gizi yang baik
Makanan yang sehat dan mempunyai kadar gizi yang cukup untuk asupan nutrisi terhadap anak sangatlah penting. Dengan memberikan makanan empat sehat lima sempurna dan memberikan susu yang diformulasikan khusus untuk anak seperti susu Dancow anak yang sangat baik untuk perkembangannya.

4. Berolahraga
Mengajak anak untuk olahraga adalah salah satu cara mengasuh sambil mendidik yang baik. Selain untuk menjaga kebugaran anak juga melatih ketangkasan anak. Lakukan olah raga yang ringan untuk anak seperti main bola, menangkap bola dan lain sebagainya.

Mendidik anak dengan cara yang sederhana rupanya sangat baik sekali untuk perkembangan anak supaya anak tumbuh dengan sehat dan cerdas. Bagian terpenting adalah orang tua yang merupakan pusat belajar. Jadilah orang tua yang menjadi bagian dari parenting Indonesia dalam lingkup kecil dalam keluarga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar